Tips Melindungi Kulit dari Polusi Kerusakan Musim Dingin

Tips Melindungi Kulit dari Polusi Kerusakan Musim Dingin

Musim dingin yang sangat keras pada kulit seseorang, tidak hanya karena penurunan mendadak dalam tingkat kelembaban dan suhu tetapi juga karena kenaikan mantap dalam polusi udara. Alasan di balik ini adalah, selama musim dingin, inversi suhu terjadi, di mana udara dingin dekat ke tanah terjebak oleh lapisan udara yang lebih hangat. Sebagai inversi ini terus berlanjut, udara menjadi stagnan dengan polusi dan partikel debu yang terjebak dekat dengan tanah, membentuk kabut asap tebal.

Tak perlu dikatakan, ini dapat menyebabkan sejumlah kulit dan penyakit pernapasan. Berikut adalah cara untuk mencegah batuk alergi dan dingin di musim dingin terutama jika Anda tinggal di Delhi di mana kualitas udara dinilai ‘sangat miskin’ di bawah pedoman dari Biro Pengawasan Pencemaran Central (CPCB). Namun, meskipun faktor lingkungan seperti, Anda masih bisa melindungi kulit Anda dari mendapatkan terpengaruh oleh kenaikan tingkat polusi selama musim dingin. Dr Rajat Kandhari, Konsultan dermatolog dan Dermatosurgeon, New Delhi, mengatakan bahwa dengan mengikuti tips dasar, Anda dapat meminimalkan efek berbahaya dari polusi pada kulit Anda. Ini adalah 6 dos dan tidak boleh dilakukan untuk kulit mulus dan rambut musim dingin ini!

Baca juga : Tips Merawat Kulit Agar Tetap Sehat Selama Liburan

‘Karena peningkatan tingkat polusi udara terutama selama musim dingin, ada prevalensi tinggi partikel nano di udara yang dapat dengan mudah menembus hambatan kulit. Hal ini dikenal sebagai kerusakan menengahi radikal bebas, yang menyebabkan tidak hanya berdiri lama, peradangan klinis sub di kulit, tetapi juga mengakibatkan dehidrasi dan kulit penuaan. Proses penuaan terjadi karena partikel nano ini secara harfiah menyebabkan ‘lubang di dermis’, sehingga menimbulkan hilangnya elastisitas dan pembentukan kerutan, “kata Dr Kandhari. Berikut adalah 10 kesalahan umum kita semua membuat selama musim dingin.

Dalam kasus yang jarang terjadi, kerusakan kulit ini disebabkan oleh polusi udara dapat menyebabkan mutasi DNA, karena radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker kulit, terutama pada orang yang mengalami kontak yang terlalu lama radiasi UV. Namun, Dr Kandhari berisi beberapa langkah dasar yang dapat Anda ikuti untuk mengurangi risiko kerusakan kulit permanen yang disebabkan oleh polusi udara:

  • Hindari menjelajah keluar dari rumah Anda terlalu banyak, terutama di awal pagi hari karena pada saat itulah polusi udara berada pada titik tertinggi selama musim dingin. Selain itu, hindari menghabiskan waktu yang lama di bawah matahari.
  • Membersihkan wajah dengan pembersih ringan dua kali sehari.
  • Tambahkan makanan yang kaya antioksidan untuk diet Anda seperti teh hijau, anggur merah dan stroberi, antara lain buah-buahan dan sayuran seperti pisang, biji rami, biji bunga matahari dan sayuran berdaun hijau.

Sementara itu adalah fakta diketahui bahwa salah satu kebutuhan untuk secara teratur menerapkan pelembab dan tabir surya untuk melindungi kulit dari polusi udara, kita sering bertanya-tanya mana produk untuk memilih dari beragam pilihan yang tersedia di pasar. Dr Kandhari daftar beberapa pelembab Anda bisa memilih, berdasarkan jenis kulit Anda:

Kulit sangat kering

  • Cetaphil Pelembab lotion (Rs 374 pada Flipkart)
  • Dewsoft Premia Lanjutan Pelembab lotion (Rs 799)
  • Kelembaban lembut krim oleh Ranbaxy (Rs 470)

Kulit berminyak

  • Cetaphil DAM lotion (Rs 308)

Kulit Berminyak sangat

  • Sebamed Perawatan Wajah Gel (Rs 485)
  • La Roche-Posay Toleriane Riche cream (Rs 1190 pada Amazon.in)
  • La Roche-Posay Toleriane cahaya ultra (Rs 1590)

Untuk mencegah tanning dan kerusakan akibat sinar matahari bersama dengan kerusakan dari polusi, ia merekomendasikan Ansolar Tabir Surya SPF 30 atau 60 yang biaya sekitar Rs 600 atau Antihelios XL oleh La Roche Posay (Rs 1329). Pastikan untuk menerapkan tabir surya setelah pelembab setidaknya 20 menit sebelum melangkah keluar dari rumah dan mengajukan permohonan kembali setelah setiap dua sampai tiga jam.

Facebook Comments
PROMO Glucoberry & Glucocoa !!!
Beli 1 Box = Rp. 250.000
Beli 2 Box = Rp. 500.000 (Gratis 2 Box), Ongkir Double